RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ………………………..
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 1 ( Ganjil )
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami arti surat-surat pendek
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengarti-kan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
C. Indikator
Siswa dapat Menghafalkan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar.
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan :
Siswa dapat Menghafalkan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar.
& Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
E. MATERI PELAJARAN
Surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
F. METODE PEMBELAJARAN
Pemodelan
Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN
10 menit
Apersepsi dan Motivasi :F Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
F Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
F Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek (drill)
F Membentuk kelompok kecil maksimal 2 orang anak
F Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan di musola)
Teknik pembagian kelompok
2.
KEGIATAN INTI
45 menit
& EksplorasiDalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, tempat diturunkannya surat, serta ayat pertama yang dibaca dalam surat al-Fatihah
F Guru memberi contoh pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih
F Siswa menirukan pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang pelafalan yang dicontohkan oleh guru tentang surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
F Secara berkelompok siswa membaca arti kata surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
F Bermain game mencocokkan arti kata dengan penggalan kata
F Secara berkelompok siswa mengartikan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dari arti kata (alafdhiyah) di kertas yang disediakan
F Mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
F Bermain adu cepat menyusun ayat dan artinya
F Hafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan artinya dengan benar dan fasih
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Guru, slide, tape recorderInstrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
3.
PENUTUP
5 menit
Dalam kegiatan Penutup, guru:F Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan diikuti oleh siswa
F Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih dalam salat fardhu
F Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat penilaian maksimal
Instrumen tugas individu
H. MEDIA / SUMBER
Depag, Al-Qur’an de-ngan terjema-hannya
Buku paket dan kartu ayat terjemah
I. PENILAIAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
v Religius.v Jujur.
v Toleransi.
v Disiplin.
v Kerja keras
v Kreatif
v Demokratif
v Rasa Ingin tahu
v Gemar membaca
v Peduli lingkungan:
v Peduli social
v Tanggung jawab.
Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat an-Nashr secara acak
Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat an-Nashr
Menterjemahkan surat an-Nashr secara keseluruhan
Menyebutkan terjemah-an ayat-ayat dalam surat al-Kautsar secara acak
Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat al-Kautsar
Menterjemahkan surat al-Kautsar secara keselu-ruhan
Tes tulis
Tes lisan
Tes subyekti
Unjuk prestasi
Sebutkan surat an-Nashr secara keseluruhan!
Sebutkan surat al-Kautsar secara keselu-ruhan!
& Penilaian proses : mengamati keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung
Nyatakan penilaian dengan angka 1-3 untuk mengukurtiap komponen sikap
positif siswa
1. tidak positif
2. biasa saja
3. positif
NO.
NAMA SISWA
KEAKTIFAN
KESEDIAAN
BER KELOMPOK
SKOR
1.
2.
3.
4.
5.
dst
& Praktek / penerapan
Nyatakan penilaian dengan angka þ pada kolom yang tersedia untuk mengukur ketepatan menulis kata dalam huruf hijaiyah lepas
J sebagian besar salah
JJ lebih dari separo benar
JJJ benar semua
LEMBAR PENGAMATAN
MENGARTIKAN SURAT AN-NASHR
NAMA SISWA:……………………………… TANGGAL: …
NO
AYAT
LAFAL AYAT
ARTINYA
SKOR
JJJ
JJ
J
1
2
3
4
5
6
SKOR = jumlah perolehan skor x 100
Jumlah skor total
LEMBAR PENGAMATAN
MENGARTIKAN SURAT AL-KAUTSAR
NAMA SISWA:……………………………… TANGGAL: …
NO
AYAT
LAFAL AYAT
ARTINYA
SKOR
JJJ
JJ
J
1
2
3
4
5
6
SKOR = jumlah perolehan skor x 100
Jumlah skor total
Mengetahui,Kepala Madrasah
…………………………………………
NIP/NIK.
…………………… , ……………………….Guru Mapel Al-Qur’an Hadits
…………………………………………
NIP/NIK.
Posting Komentar