RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI ................
Mata Pelajaran : PAI ( FIQIH )
Tema/SubTema
Kelas : IV (Empat)
Semester : 1 (Ganjil)
Pertemuan : 1 - 6
A. Materi Pokok
Zakat Fitrah
B. Alokasi Waktu
(35 x 12)
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui model cooperative learning peserta didik dapat:
1. Mendefinisikan pengertian zakat fitrah. dengan benar.
2. Menyebutkan Macam- Macam Zakat Fitrah dengan benar;
3. Menunjukkan dalil Wajibnya Mengeluarkan Zakat dengan tepat;
4. Menjelaskan Mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah dengan benar;
5. Menunjukkan Tata cara zakat fitrah dengan tepat.
D. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami ketentuan zakat fitrah
4.1 Mensimulasikan tata cara zakat fitrah
E. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1. Siswa dapat menerangkan pengertian zakat fitrah
3.1.2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam zakat
3.1.3. Siswa dapat mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah
4.1.1 Siswa dapat mempresentasikan tata cara zakat fitrah
F. Materi Pembelajaran
1. Pengertian zakat fitrah
2. Macam- Macam Zakat Fitrah
3. Mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah
4. Tata cara zakat fitrah
Zakat Fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan atau bulan puasa yang dibayarkan paling lambat sebelum kaum muslim selesai menunaikan ibadah sunah Shalat Ied. Dan apabila pelaksanaan zakat dilakukan setelah melewati batas tersebut, maka zakat tersebut bukan lagi masuk kedalam kategori zakat, akan tetapi berupa sedekah biasa.
G. Metode Pembelajaran
Metode:
· Pendekatan : Scientific
· Strategi : Cooperative Learning
· Teknik : Example Non Example
· Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
H. Media Pembelajaran
· Gambar/ Poster
· Diri anak.
· Lingkungan keluarga.
I. Sumber Belajar
· Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Lingkungan sekitar yang mendukung
J. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khusyu’;
b. Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d. Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
e. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi pokok Zakat Fitrah
f. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
g. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, eksplorasi dan mengomunikasikan serta menyimpulkan.
30 menit
2.
Kegiatan Inti
a. Mengamati
· Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku siswa.
· Mendengar uraian guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah
b. Menanya
· Menanyakan beberapa ketentuan dan tata cara zakat fitrah
· Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sekelas
· Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah
c. Explorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan ketentuan dan
tata cara zakat fitrah
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
d. Asosiasi
· Mencari hubungan antara ketentuan dan tata cara zakat fitrah
dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan ketentuan dan
tata cara zakat fitrah
e. Komunikasi
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau
wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah
370 menit
3.
Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
20 menit
K. Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
· Diskusi kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
· Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
· Mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
· Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
- Mendeskripsikan ketentuan zakat fitrah
- Menunjukkan Tata cara zakat fitrah dengan tepat.
No
Nama Peserta didik
Aspek yang diamati
Keterangan
1
2
3
4
5
Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Aktifitas berpendapat
4. Keberanian berpendapat
5. Kemampuan berbahasa
Skor penilaian :
Skor perolehan
Nilai = x 100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Portofolio
· Membuat paparan tentang zakat fitrah
Tes
Tes tulis tentang Pengertian zakat fitrah, Macam- Macam Zakat Fitrah, Tata cara zakat fitrah
· Guru juga melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati kisah pada kolom “ayo berlatih”.
Rubrik Penilaian
No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi
2
Penguasaan nilai-nilai
3
Keaktifan
4
Kesantunan
Catatan :
*4 = Sangat Baik 3 = Baik
2 = Sedang 1 = Kurang baik
Rentang Skor = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 - 4
= 12/4
= 3
MK = 14 - 16
MB = 11 - 13
MT = 7 - 10
BT = 4 - 6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Posting Komentar