PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MATA PELAJARAN FIQIH
KELAS 2 SEMESTER 2
MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGTALUN
KARANGTALUN, TANON, SRAGEN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester :I I / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
3. Mengenal Tata cara shalat berjama’ah
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan ketentuan tatacara shalat berjama’ah
C. Tujuan Pembelajaran :
§ Mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian shalat jama’ ah.
§ mengetahui syarat-syarat menjadi imam dan makmum
D. Materi Pembelajaran
§ Shalat berjama’ah
§ Syarat-syarat menjadi imam
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
§ Tanya jawab
§ Penugasan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
§ Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§ Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang shalat jama’ ah
§ Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi shalat jama’ ah.
§ Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang shalat jama’ ah.
§ Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang shalat jama’ ah
§ Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang shalat jama’ ah
§ Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang shalat jama’ ah.
§ Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema shalat jama’ ah
§ Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang shalat jama’ ah.
Kegiatan Penutup
§ Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang shalat jama’ ah
§ Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi shalat jama’ ah
§ Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G. Alat/Sumber Belajar
§ Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Menjelaskan pengertian shalat berjama’ ah.
§ Menjelaskan syarat syarat shalat berjama’ah
§ Menyebutkan syarat-syarat menjadi imam
Tes tulis
Uraian
§ Jelaskan pengertian shalat berjama’ ah!
§ Sebutkan syarat syarat shalat berjama’ah!
Mengetahui
Kepala Madrasah
Posting Komentar